(___The GoLdeN^^FloWer__**BiLLy Tama**) BELAJAR BERSAMA: Tak Hanya Mahasiswa, Siswa SMA Diwajibkan KKN
Belajar Bersama
bigoes tama:

Rabu, 11 Agustus 2010

Tak Hanya Mahasiswa, Siswa SMA Diwajibkan KKN


BANDUNG - Ada kebijakan baru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Bandung Jalan Belitung. Mulai tahun ajaran 2010/2011, seluruh siswa diwajibkan mengikuti kegiatan pengabdian pada masyarakat atau mirip dengan kuliah kerja nyata (KKN) bagi mahasiswa.

Selama tiga tahun masa studi, para siswa diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut selama 60 jam. Kegiatan itu bahkan menjadi salah satu syarat kelulusan para siswa yang menimba ilmu di salah satu sekolah favorit di Bandung tersebut.

"Kebijakan ini berlaku mulai tahun ini. Seluruh siswa baru wajib mengikuti program kegiatan pengabdian kepada masyarakat selama 60 jam dari sejak masuk sekolah sampai lulus. Kegiatan itu menjadi syarat kelulusan. Jika kurang dari 60 jam atau bahkan tidak ikut sama sekali, mereka tidak akan lulus sekolah," kata Wakil Penjaminan Mutu SMAN 3 Bandung Firmansyah Noor saat ditemui wartawan, Selasa (10/8/2010) siang.


Menurut Firmansyah, para siswa bebas menentukan waktu kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut selama tiga tahun bersekolah di SMAN 3. Hanya saja, kata dia, total waktu yang ditempuh dalam kegiatan tersebut tetap harus berjumlah 60 jam.

Mereka bisa kapan saja mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat itu asalkan setelah dihitung pada akhir masa sekolah, jumlahnya mencapai 60 jam. Bisa saja mereka mengikuti kegiatan itu di akhir masa sekolah sebelum lulus. Atau dicicil sejak dari awal masuk sekolah, kata Firmansyah.

Lebih jauh Firmansyah mengatakan, program pengabdian pada masyarakat itu bertujuan untuk mengenalkan para siswa dengan lingkungan masyarakat sebenarnya. Selama ini, kata dia, para siswa hanya mengenal teori, tapi tidak tahu cara menerapkannya di masyarakat.

"Kegiatan ini dilakukan untuk menggali minat dan bakat siswa. Selain itu, kegiatan ini dilakukan agar tidak ada ekslusivitas siswa. Karena selama ini SMAN 3 Bandung dikenal sebagai sekolah kalangan elit dan kita ingin mengubah citra itu," kata Firmansyah.

Firmansyah mengatakan, setiap tahun program pengabdian kepada masyarakat tersebut akan terus dievaluasi. "Program ini akan terus dievaluasi setiap tahun," tandasnya.

Sumber : OkeZone

SEMOGA BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA
SALAM: BILLY GUSTAMA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Sahabat Sangat Berarti Bagi Blog ini
Mohon cantumkan url blog/twitter/Open ID/facebook sahabat
Please...Tinggalkan Komentar Sahabat dan
Beri Tanda di salah satu pilihan pendapat

Terima Kasih Atas Kunjungannya

Jika Sahabat MErasa SUka dGn BloG ini

AddThis

Bookmark and Share

ASR

Search Engine

Postingan Terpopuler

BERBAGI UNTUK SAHABAT

Jika sahabat ingin Punya Web...klik disini Jika sahabat ingin Punya Blog... klik disini
Loading...