(___The GoLdeN^^FloWer__**BiLLy Tama**) BELAJAR BERSAMA: Tiga Kunci Utama Membangun Website yang Sukses di Internet
Belajar Bersama
bigoes tama:

Minggu, 08 Agustus 2010

Tiga Kunci Utama Membangun Website yang Sukses di Internet

Jaman sekarang kalau kita ingin membuat website semuanya sudah tersedia dengan mudah, baik itu software maupun infrastrukturnya. Software-software yang berfungsi sebagai tool untuk membuat halaman web dapat dengan mudah kita jumpai di pasaran. Mulai dari FrontPage, Dreamweaver atau bahkan dengan menggunakan Notepad saja kita juga sudah bisa membuat halaman web. Untuk urusan hosting juga begitu, saat ini sudah banyak jasa web hosting di Indonesia yang memberikan harga murah dengan pelayanan yang cukup memuaskan (biarpun itu hanyalah jasa reseller web hosting dari luar negeri). Itu jika Anda mau jasa web hosting yang berbayar, kalau mau yang gratis juga banyak sekali tersedia di internet, cukup dengan melihat ke www.freewebspace.net maka Anda akan diberi banyak sekali pilihan mengenai jasa web hosting gratis di internet.
Demikian juga dengan urusan domain, jasa layan web hosting tadi juga biasanya menyediakan jasa pemesanan domain dengan harga yang bervariasi. Kesimpulannya saat sekarang ini bukanlah hal yang sulit jika Anda atau perusahaan Anda ingin online di internet dengan mempunyai website sendiri. Tetapi intinya bagaimana caranya membuat website yang selalu bisa berkesan di mata pengunjungnya dan bisa membawa pengaruh bagi para pengunjungnya? Ikuti saja terus tulisan ini.

Secara umum sebenarnya ada tiga aspek utama yang diperhatikan dalam membangun dan memelihara sebuah website agar mempunyai nilai lebih dibanding dengan website-website yang lainnya. Ketiga hal tersebut adalah:

- Content
- Marketing
- Inovasi

Content
Content disini bisa bermacam-macam, secara global content ini merupakan topik dari sebuah website. Pihak manajemen website seharusnya sudah menentukan dahulu isi dari websitenya dan seberapa dalam isi atau content yang akan diberikan melalui websitenya. Sebagai contoh misalnya situs portal makanan harus terus secara konsisten meng-update isi website nya dengan materi-materi yang sesuai dengan topik makanan, misalnya saja tentang resep masakan, tempat makanan yang enak, artikel-artikel seputar tips memasak dan lain sebagainya.

Faktor content ini juga sangat mempengaruhi segmen dari situs yang kita miliki, misalnya untuk anak-anak, remaja, wanita, pria atau berdasarkan hal-hal lain misalnya pekerjaan, hobby dan lain sebagainya. Intinya sekali lagi adalah selalu konsisten menjaga isi dari situs Anda selalu terupdate dengan teratur. Ini akan memberi kesan situs Anda hidup dan pemiliknya memang punya komitmen terhadap situs tersebut. Masalah mengisi content situs ini memang jadi masalah klasik pada sebagian besar situs-situs di Indonesia. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk membuat content tetap terupdate dengan kontinyu, salah satunya adalah dengan bantuan ide dari feedback yang diberikan oleh para pengunjung situs. Anda bisa mengolah feedback yang masuk dari pengunjung situs Anda untuk dijadikan materi atau content situs Anda selanjutnya. Contoh misalnya ada pengunjung situs Anda yang bertanya seputar hal yang baru yang sesuai dengan topik pada situs Anda, nah itu sebenarnya bisa Anda ubah menjadi sebuah tulisan menarik untuk situs Anda. Anda tidak akan pernah kehabisan ide untuk content situs Anda selama Anda bisa menjalankan hal tersebut secara konsisten.

Marketing
Apalah artinya sebuah produk jika produk tersebut tidak dikenal oleh orang banyak. Demikian juga halnya dengan sebuah situs, Anda sebagai pemilik situs harus berani dan terus menerus mempromosikan situs Anda dengan berbagai cara (selama itu halal dan dengan cara yang benar). Marketing disini bisa dilakukan dengan banyak cara, baik secara online maupun offline. Secara online-pun bentuknya bisa macam-macam, misalnya saja memasang URL Anda sebagai signature pada setiap e-mail yang Anda kirim baik ke teman-teman Anda maupun ke mailing list. Anda juga bisa memasukkan URL situs Anda ke dalam situs-situs search engine yang saat ini sangat banyak sekali ke internet dan gratis pula. Ada juga cara promosi dengan iklan di situs-situs lain dengan cara memasang banner atau barter banner dengan situs milik rekan-rekan Anda. Bisa juga memasang URL Anda pada bagian status dari aplikasi messenger seperti Yahoo! Messenger, MSN dan lain sebagainya. Anda juga bisa promosikan URL situs Anda melalui chat room, misalnya di IRC.

Promosi secara offline juga bisa banyak macam bentuknya. Ada yang membuat kartu nama kemudian membagikan ke rekan-rekan bisnis Anda. Cara lain yang lebih gila adalah membuat semacam merchandize untuk situs Anda, baik itu mug, kaos, mouse pad, block note ataupun stiker yang bisa dibagi-bagikan ke orang lain baik gratis ataupun tidak. Intinya ciptakan brand awareness terhadap URL situs Anda, dimanapun Anda berada dan dengan cara-cara yang inovatif.

Inovasi
Bicara mengenai kelangsungan hidup sebuah situs tentunya juga tidak bisa lepas dari yang namanya melakukan inovasi. Karena jaman sekarang persaingan antar situs sudah semakin ketat maka jalan satu-satunya untuk bisa memenangkan persaingan adalah inovasi terhadap situs itu sendiri. Inovasi disini bisa mendukung dua aspek yang sudah di sebutkan terdahulu (content maupun marketing). Inovasi disini berarti selalu mencari dan menciptakan sesuatu yang baru tetapi masih dalam scope topik atau tema dari situs Anda. Sesuatu yang baru yang penulis maksudkan bisa berupa fasilitas baru untuk situs Anda maupun juga berbagai variasi yang diterapkan ke dalam situs. Misalnya saja suatu situs e-learning komputer bisa menambahkan suatu fasilitas belajar jarak jauh melalui web dengan lebih interaktif, tidak hanya membaca artikel saja. Diharapkan dengan adanya inovasi-inovasi baru pada situs Anda maka pengunjung tidak akan pernah bosan mengunjungi situs Anda.

Demikian tiga aspek yang sangat penting untuk memenangkan persaingan situs di internet. Semua aspek tersebut harus dilaksanakan secara konsisten, disiplin dan dengan komitmen yang jelas. Ada baiknya jika situs Anda memiliki misi dan visi yang jelas sehingga Anda selalu tahu kemana dan mau diapakan situs Anda tersebut nantinya. Banyak situs-situs portal yang akhirnya tutup gara-gara tidak bisa menerapkan ketiga aspek di atas. Kelihatannya memang sangat konyol tetapi memang itulah kenyataannya. Ketiga aspek di atas juga harus dilaksanakan secara seimbang sehingga semuanya bisa berjalan selaras. Aspek-aspek di atas tidak hanya berlaku untuk situs-situs profesional seperti portal maupun corporate website tetapi juga bisa berlaku untuk situs pribadi ataupun weblog. Apapun jika dilakukan secara professional dan sungguh-sungguh akan memberikan hasil yang memuaskan bagi Anda.



SEMOGA BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA
SALAM: BILLY GUSTAMA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Sahabat Sangat Berarti Bagi Blog ini
Mohon cantumkan url blog/twitter/Open ID/facebook sahabat
Please...Tinggalkan Komentar Sahabat dan
Beri Tanda di salah satu pilihan pendapat

Terima Kasih Atas Kunjungannya

Jika Sahabat MErasa SUka dGn BloG ini

AddThis

Bookmark and Share

ASR

Search Engine

Postingan Terpopuler

BERBAGI UNTUK SAHABAT

Jika sahabat ingin Punya Web...klik disini Jika sahabat ingin Punya Blog... klik disini
Loading...