(___The GoLdeN^^FloWer__**BiLLy Tama**) BELAJAR BERSAMA: Unib Juara II dalam PIMNAS 2010
Belajar Bersama
bigoes tama:

Kamis, 05 Agustus 2010

Unib Juara II dalam PIMNAS 2010

Mahasiswa Unib dalam ajang Pekan Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang dilaksanakan 20 – 24 Juli 2010 di Universitas Mahasaraswati, Bali menorehkan prestasi dengan membawa pulang Juara II nasional. Sementara, juara I diraih oleh Uiversitas Gadjah Mada (UGM).

Pada kesempatan tahun ini, tim Unib yang lolos mengikuti PIMNAS ada 2 (dua) tim dari 350 tim seluruh Indonesia dari berbagai perguruan tinggi. Dan, salah satu tim Unib berhasil menyabet juara II. Hal ini disampaikan oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hutapia, S.E., M.E., sepulang dari mendampingi mahasiswa PIMNAS. “Tahun ini ada 2700 judul dari 113 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang diusulkan ke Dikti untuk diseleksi secara nasional. Termasuk di dalamnya ada 36 judul dari Unib. Dari sebanyak 2700 tim, diseleksi mendapatkan 350 judul termasuk dua dari Unib” papar Hutapia.


Menurut Hutapia, mahasiswa yang judul karyanya lolos ke PIMNAS merupakan prestasi baik bagi mahasiswa itu sendiri maupun bagi Unib. Hal ini karena tingkat seleksinya yang sangat ketat. “Jadi, ini adalah seleksi yang cukup ketat mengingat seleksi dilakukan secara nasional dan dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia” lanjut Hutapia. Kemudian yang membanggakan lagi adalah dengan lolosnya salah satu judul mahasiswa yang menjadi juara II. Namun demikian hal ini tidak terlepas dari pembinaan dan pembekalan secara intensif yang dilakukan oleh bidang kemahasiswaan. Setelah ada dua judul yang lolos secara nasional, bidang kemahasiswaan Unib melakukan pembekalan intensif tentang bagaimana meyampaikan presentasi karya ilmiahnya. “Sebelum berangkat ke Bali, tim kita kita bekali secara intensif. Teknisnya adalah dengan menguji tim seakan-akan sedang mengikuti ujian pendadaran sehingga mahasiswa merasa betul-betul siap secara mental” jelas Hutapia.

Ketika memberikan pembekalan atau persiapan tersebut, Unib menyiapkan tim penguji yang sesuai dengan bidang karya masing-masing ditambah dengan Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan. Dengan demikian mahasiswa merasa betul-betul mengikuti seperti dalam presentasi yang sesungguhnya. “Persiapan presentasi menjadi penting karena ini merupakan komponen terbesar dalam criteria penilaian, yaitu 60 persen” kata Hutapia. Kriteria lain adalah orsinalitas karya, kebaruan dan kekompakan tim. Hasilnya adalah salah satu tim kita menjadi juara II tingkat nasional di ajang PIMNAS tersebut. Adapun mahasiswa yang tergabung dalam tim tersebut adalah Peblegi Zuryatin, Budiman, Kristina Mulia dan Winda Lestari. Keempat mahasiswa tersebut adalah mahasiswa Pendidikan Kimia Unib. Mereka menampilkan karya ilmiah dengan judul “Chemistry Board Beberapa Dasar Mainan Anak-anak (Drawing Board) sebagai Media Pembelajaran Kimia”.[hms].




SEMOGA BERMANFAAT UNTUK KITA SEMUA
SALAM: BILLY GUSTAMA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar Sahabat Sangat Berarti Bagi Blog ini
Mohon cantumkan url blog/twitter/Open ID/facebook sahabat
Please...Tinggalkan Komentar Sahabat dan
Beri Tanda di salah satu pilihan pendapat

Terima Kasih Atas Kunjungannya

Jika Sahabat MErasa SUka dGn BloG ini

AddThis

Bookmark and Share

ASR

Search Engine

Postingan Terpopuler

BERBAGI UNTUK SAHABAT

Jika sahabat ingin Punya Web...klik disini Jika sahabat ingin Punya Blog... klik disini
Loading...